Index Sumut – Sebanyak 25 peserta mengikuti Pengabdian Kepada Masyarakat Implementasi Teknologi Informasi Digital Mendukung Upaya Peningkatan Layanan Manajemen Administrasi Dan Informasi Pemakaman Kepada Masyarakat Berbasis Cloud.

Kegiatan tersebut sebagai salah satu agenda dalam kegiatan Pemberdayaan Berbasis Masyarakat (Hibah PKM – Kemdikbud Ristekdikti 2024) yang diselenggarakan oleh Universitas Potensi Utama dengan FKPM Medan sebagai tempat pelaksanaan Kegiatan Pemberdayaan Berbasis Masyarakat.

Acara pelatihan tersebut diadakan pada Sabtu, 14 September 2024 berlokasi di Ruang Pertemuan Universitas Potensi Utam di Jalan K.L Yos Sudarso KM 6,5 No. 3A Tanjung Mulia Medan yang dimulai dari pukul 10.00 – 16.00 WIB.

Adapun tim pelaksana PKM Universitas Potensi Utama Tahun 2024 adalah Helmi Kurniawan ST, M.Kom (Ketua), Hardianto, M.Kom (Anggota) dan Yahya Tanjung, MM (Anggota) serta dibantu mahasiswa Prodi Informatika UPU yaitu Diki Rahmadi dan Muhammad Farhan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengunakan komputer, internet dan teknologi mobile android bagi masyarakat, anggota dan pengurus-pengurus yang berada di bagian pemakaman dan petugas makam di FKPM Medan.

Menurut Ketua PKM Universitas Potensi Utama, Helmi Kurniawan ST, M.Kom, melalui pelatihan ini diharapkan kepada para peserta khususnya dan anggota FKPM Medan umumnya dapat menerapkan dan memanfaatkan aplikasi yang telah dirancang dalam proses pengelolaan data manajemen data anggota STM dan pemakaman ini.

“Implementasi aplikasi pengelolaan data anggota STM dan pemakaman atau jenazah berbasis cloud sebagai layanan informasi manajemen data anggota STM dan Jenazah yang menggunakan Aplikasi berbasis cloud menyimpan data-data secara online akan membantu bagian manajemen administrasi data dan petugas lapangan makam di area pemakaman makla 1 sd 5,” ungkapnya.

Di samping itu, lanjut Helmi Kurniawan, juga sebagai pengembangan manajemen sistem informasi pengelolaan data pemakaman untuk para pengurus FKPM, mengoptimalkan aplikasi sistem informasi manajemen administrasi dan layanan informasi pemakaman kepada masyarakat berbasis cloud dalam kegiatan FKPM.

Maka dengan adanya kesempatan ini pihaknya berkesempatan dalam mengenalkan aplikasi dalam bentuk aplikasi pengelolaan data manajemen data STM dan Pemakaman. Selain itu juga melatih para peserta dalam pemanfaatan teknologi digital.

“Yaitu keterampilan mengoperasionalkan aplikasi pada smarphone digunakan untuk mencari informasi dan menggunakan sistem untuk pencarian data anggota STM, pemakaman, jenazah pada aplikasi,” ujarnya.

Selain itu juga sebagai pengembangan pengetahuan dalam meningkatkan pengetahuan dalam kemampuan memanajemen data administrasi STM dan pemakaman dengan teknologi informasi digital. Kemudian meningkatkan keterampilan berupa mengunakan komputer, internet dan teknologi smartphone bagi masyarakat, anggota dan pengurus-pengurus yang berada di bagian pengolahan data STM, Jenazah dan petugas pemakaman di FKPM untuk layanan informasi data pemakaman kepada masyarakat yang dikelola oleh FKPM Medan.

Helmi Kurniawan ST, M.Kom selaku Ketua PKM 2024 Universitas Potensi Utama berharap, dengan adanya pelatihan ini bisa memberikan wawasan dan peningkatan penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi digital, dan bisa mengembangkan potensi peserta dalam menggunakan aplikasi manajamen data STM dan pemakaman berbasis cloud ini.

Para peserta juga bisa memberikan masukan untuk menemukan solusi untuk mengatasi masalah yang ada demi kesempurnaan program aplikasi yang dirancang.

Sementara itu, Ketua FKPM, H. Bambang Ponco Asmoko menambahkan, kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat bagi anggota FKPM khususnya, dan masyarakat pada umumnya.

“Saya sangat berterima kasih kepada Tim PKM Universitas Potensi Utama yang telah membantu dan memberikan hibah kepada kami berupa Program Aplikasi Manajemen data STM dan Pemakaman berbasis Cloud, Program Aplikasi ini insya Allah akan kami pergunakan dengan sebaik-baiknya, demi peningkatan manajemen pengelolaan data STM dan pemakaman kami. Karena program ini sangat membantu sekali kepada ahli waris yang memerlukan data atau informasi keluarga yang meninggal dan dimakamkan di pemakaman MAKLA,” tandasnya. (R)

Share: