Index Sumut – Kinerja IHSG ditutup menguat 0.32% di level 7.760,060. IHSG pada sesi perdagangan hari ini bergerak sangat volatile.

“IHSG sempat menguat hingga ke level 7.790, dan berbalik arah di zona merah, dan menyentuh level terendahnya 7.718,” ujar Pengamat Pasar Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, Jumat (18/10) sore.

Fluktuasi IHSG juga terjadi pada sejumlah saham perbankan berkapitalisasi besar. Dimana saham BBCA, BMRI, BBNI, hingga BBRI sempat menikmati penguatan besar di sesi perdagangan pagi, namun berbalik dan sebagian (BBRI dan BMRI) ditutup di zona merah.

“Gerak IHSG yang terbilang sangat volatile tersebut lebih dikarenakan oleh sentimen eksternal, seperti kinerja bursa di Asia yang masih rawan terkoreksi,” katanya.

Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah pada perdagangan hari ini ditutup menguat di level 15.460 per US Dolar. Tekanan pada US Dolar juga terlihat terhadap sejumlah mata uang Asia lainnya. Dimana US Dolar terpantau melemah terhadap Yuan China, Dolar Singapura, hingga Rupe India.

“Penguatan rupiah pada hari ini banyak ditopang dari pelemahan US Dolar terhadap banyak mata uang di Asia,” katanya.

Sementara itu, harga emas ditransaksikan menguat ke level $2.711 per ons troy. Atau sekitar 1.36 juta rupiah per gramnya. (R)

Share: